Fauna Pemakan Alga Alami Untuk Aquascape


Dalam aquascape dimana akuarium mendapat pencahayaan yang terang secara konstan lambat laun alga akan muncul. Menempel dikaca, batu, kayu bahkan didaun, tentu saja hal ini dapat mengurangi keindahan aquascape. Kalau sedikit mungkin belum terlalu bermasalah tapi kalau sudah banyak tentu saja menjengkelkan. Untuk membersihkan alga sebenarnya mudah dan cepat dengan syarat akuarium kita kecil dan alganya sedikit (itupun kalau kitanya tidak malas) :p. Yang menjadi masalah kalau akuarium kita besar dan alganya menempel dimana-mana, pusing dah. Tapi jangan kuatir ada fauna tertentu yang siap membantu kita membasmi alga tersebut. Anda tinggal masukan fauna tersebut ke akuarium dan biarkan mereka melakukan tugasnya, bersih deh alganya. Fauna Pembasmi Alga tersebut antara lain :
  • Ikan SAE
SAE singkatan dari siamese algae eater, ikan yang sangat berguna dalam ekosistem akuarium. Ikan ini lebih baik jika ditempatkan dalam akuarium dengan tanaman berdaun lebar, yang biasanya digunakan untuk beristirahatnya. Ikan ini termasuk dalam ikan yang ramah makanya dapat dicampur dengan berbagai macam ikan sebagai tank mate-nya. SAE merupakan ikan omnivora, dan dia bukan pemakan yang rewel, ganggang dan alga (alga benang dan alga sikat) merupakan salah satu makanannya. Selain utu dia juga memakan cacing pipih yang dapat menggangu ekosistem akuarium. Ikan ini merupakan ikan yang kuat, mudah dipelihara dan diberi makan. Jika alga telah habis dapat diberikan makanan berupa pallet, cacing beku ataupun sayur-sayuran. Tapi ingat jangan sampai kehabisan alga atau makanan ya nanti dia akan memakan daun moss anda. Bisa habis entar.
  • Ikan CAE
CAE singkatan dari chinese algae eater atau sering disebut lemon algae eater. CAE merupakan ikan herbivora yang memakan lumut di alam liar, berwarna kuning dan putih. Dialam liar ikan ini bisa mencapai 25cm, tapi di dalam akuarium mungkin sekitar 10 – 15 cm. Kalau sudah besar ikan ini akan berhenti makan alga/lumut. CAE ini juga agak-agak jahil suka menggangu ikan yang lain.
  • Ikan Otocinclus Affinis
Ikan otocinclus atau biasa disebut oto merupakan ikan pemakan alga yang mana ukurannya lebih kecil bila dibandingkan SAE atau CAE. Panjang dewasa hanya 4cm-an. Makanya ikan banyak diburu para penggemar aquascape karena cocok bila dicampur dengan ikan sejenis tetra, cardinal, udang mini. Sayangnya disini agak susah mencarinya dan harganya mahal, mungkin karena masih termasuk ikan impor. Habitat aslinya dari Brazil tenggara.
  • Udang Amano
Japonica Amano Shrimp atau dikenal sebagai udang amano menjadi popular berkat nafsu makannya yang besar terhadap alga/ganggang air tawar. Udang omnivora ini akan mengkonsumsi sisa makanan ikan ataupun kotoran di lantai akuarium, membuatnya menjadi udang pembersih yang effisien. Udang amano sebagian besar berwarna coklat buram dengan garis coklat membentang ke belakang. Tempat ideal untuk setting udang ini adalh akuarium dengan minimal 10 galon air dan banyak tempat persembunyian dan substrate yang matang. Udang ini seyogyanya di ditempatkan dengan ikan-ikan kecil yang damai ataupun ikan yang tidak menimbulkan ancaman akan memakannya.
  • Keong Tanduk
Keong ini merupakan salah satu keong yang berguna sebagai pemakan alga jadi anggapan selama ini keong adalah hama ternyata salah teman – teman. Keong ini membantu membersihkan alga di dalam akuarium. Bentuk keong ini sama seperti keong pada umumnya tapi di cangkangnya ada semacam tanduk. Ukuran maksimal keong ini sekitar 2cm-an sehingga tidak memakan tempat di dalam akuarium.
  • Keong Turbo
Keong yang satu ini adalah pemakan alga/lumut yang rakus. Motifnya juga beragam, sehingga selain membersihkan alga juga mempercantik akuarium aquascape teman – teman.
Keong ini dan keon tanduk dapat ditemukan / dijual ditoko ikan dengan mudah.
Demikanlah tadi beberapa fauna yang berfungsi membantu membersihkan alga di dalam akuarium. Sebenarnya masih ada beberapa lagi fauna yang bisa membersihkan alga secara alami. Tapi dari daftar diatas sudah lebih dari cukup untuk panduan dalam membeli fauna pembasmi alga.

0 Response to "Fauna Pemakan Alga Alami Untuk Aquascape"

Post a Comment