Teman Udang Yang Aman di Dalam Tangki

Saat kita memelihara udang di dalam akuarium air tawar ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan. Salah satunya adalah “apa ikan yang aman dicampur dengan udang saya?” atau “boleh gak udangnya dicampur dengan ikan itu?” Hal ini tentu saja adalah pertanyaan yang penting. Mencampur udang dengan ikan yang salah akan menghasilkan makanan yang melimpah untuk si ikan dan tentu saja kiamat untuk si udang. Saya sudah mencoba mencampur udang red cherry dengan ikan ramirez (cichlids), dan hasilnya udang saya mokat satu persatu. Kedengarannya lucu ya tapi kasihan udangnya.
Kita harus ingat meskipun udang itu harganya mungkin mahal dan warnanya indah, mereka adalah sumber makanan alami di alam liar. Untuk banyak ikan dan makhluk air lainnya udang sering dilihat sebagai santapan ringan / kudapan. Mencampur udang dengan ikan predator dalam satu akuarium hampir pasti menghasilkan pesta udang. Kebanyakan ikan di akuarium memakan makanan olahan dan mungkin menikmati momen memakan makhluk hidup seperti di habitat alaminya di alam liar.
Ada aspek lain yang sering diabaikan, kemampuan udang untuk bersembunyi. Di alam liar udang menghabiskan sebagian besar waktunya bersembunyi dari predator. Pewarnaan alami yang meniru habitat air dan sekitarnya membantu udang untuk lebih menghindari predator. Di dalam hobi udang hias ini kita sepenuhnya telah menghapus perlindungan alami si udang. Karena sebagian besar dikembang biakan untuk menghasilkan warna yang menarik. Merah, kuning, biru, putih, dll tidak alami ditemukan di alam liar. Dengan menghilangkan pertahanan alami ini kita telah mengurangi kesempatan udang bertahan hidup di dalam akuarium. Warna mereka adalah seperti lampu neon bagi ikan predator.

Untuk memilih ikan pendamping biasanya menggunakan jargon seperti ini : “jika udang dapat muat di mulutnya (ikan) maka mereka dapat memakannya”. Jadi untuk memilih ikan pendamping biasanya pilih yang mempunyai ukuran yang sama dengan si udang. Tapi itu tidak jaminan sih, ada beberapa ikan yang mengigitnya sampai mati, baru memakannya.

Berikut ini daftar ikan yang potensial menjadi teman tangki si udang.
100 persen aman untuk si udang : ikan otto.
Bisa menjadi teman tangki tapi berpotensi menyakiti jika tidak ada makanan : pleco, tetra, guppi, endler, rasbora, cory, danios.
Jangan dicampur dengan si udang : Cichild, discus, angel, gourami.
Oke itu tadi beberapa jenis ikan yang bisa menjadi teman si udang, smoga bisa menjadi pertimbangan teman-teman dalam memilih tankmates bagi si udang kesayangan.

0 Response to "Teman Udang Yang Aman di Dalam Tangki"

Post a Comment