Lapisan Minyak Di Aquascape


 http://www.aquascapeindo.com/wp-content/uploads/2015/04/surface-scum-aquascape.jpg
Sebagai pecinta / penggemar aquascape tentunya sudah tidak kaget kalau kadang di permukaan aquascape timbul semacam lapisan minyak. Bagi yang awam tentunya bingung sebenarnya apa sih lapisan minyak di permukaan itu? Kalau dalam bahasa inggris lapisan minyak ini disebut surface scum atau protein bio film. Lapisan minyak ini adalah lapisan protein alami yang terbentuk dari makanan ikan, kotoran ikan, dan bahkan bangkai ikan yang tidak terurai secara sempurna sehingga menyisakan protein dan mengambang di permukaan air.
Apakah lapisan minyak tersebut berbahaya? Lapisan minyak ini mungkin tidak berbahaya tetapi dapat mengurangi pertukaran gas yang normal terjadi di permukaan air. Selain itu hal ini menunjukan indikasi bahwa kita over feeding, kurang pemeliharaan ataupun mungkin ada peralatan yang rusak. Tapi pada beberapa sumber lapisan minyak ini menunjukan bahwa akuarium kita sehat. Mana yang benar penulis belum tahu / menemukan artikel yang pas.


  • Menggunakan alat yang bernama surface skimmer, dapat dibeli di toko peralatan akuarium ataupun membuat sendiri.
  • Selain menggunakan surface skimmer sebenarnya bisa menggunakan filter akuarium kita dengan syarat jika suction / intake filter kita pas di permukaan air bukan masuk ke dalam air. Hal ini biasa disebut surface agitation , membuat riak di permukaan air. Tapi cara ini tidak disarankan apabila digunakan secara terus menerus dapat mengurangi kadar CO2 yang terlarut dalam air.
  • Memakai ikan molly / guffy yang senang bermain dan memakan kelebihan minyak di permukaan.
  • Meniupkan kipas ke permukaan air agar lapisan minyak hilang.
  • Ada juga yang mencoba menutupi permukaan dengan kertas koran, yang dilakukan berulang-ulang sampai minyak hilang. Tapi cara ini tidak disarankan dikarenakan dalam kertas koran mungkin ada zat-zat yang berbahaya.
  • Selain ditutup menggunakan kertas koran bisa juga menggunakan tisu, dimana tisu akan menyerap minyak. Lakukan berulang-ulang sampai minyak habis. Cara ini bisa kalau digunakan pada akuarium nano 30cm-an. Kalau akuarium besar tentu butuh banyak tisu dan kitanya yang capek. Cara ini tidak disarankan kalau akuarium anda besar.
Itulah beberapa cara menghilangkan lapisan minyak di permukaan akuarium. Selain cara-cara diatas mungkin masih ada cara lain. Secara umum yang sering digunakan adalah surface skimmer dan memasukan ikan molly dan guffy. Oke, demikianlah tadi sekilas info cara menghilangkan lapisan minyak / surface scum, semoga bermanfaat.

0 Response to "Lapisan Minyak Di Aquascape"

Post a Comment