Mengenal Tanaman Air Anubias

Anubias termasuk tanaman air dan semi aquatic yang sering tumbuh di daerah sungai atau rawa-rawa. Tanaman yang aslinya berasal dari dari daerah tropis afrika barat dan afrika tengah ini mudah perawatannya dan daun-daunnya menarik. Ciri-cirinya tanaman ini mempunyai daun berwarna gelap, tipis dan luas dalam berbagai bentuk. Karena seringnya tumbuh di tempat yang teduh akhirnya tanaman ini dinamai dengan nama dewa Mesir, Anubias, Dewa Akhirat.
Anubias terutama yang jenis “barteri” sering digunakan dalam desain aquascape dengan cara ditempelkan ke kayu atau batu. Anubias termasuk tanaman yang butuh cahaya minim (lowlight). Oleh karena itu anubias suka ditaruh ditempat yang berbayang pada akuarium, untuk menghindari alga tumbuh pada daun. Selain butuh cahaya minim, anubias juga butuh nutrisi yang sangat rendah dan jarang ikan yang memakan daunnya. Oleh sebab itu anubias salah satu tanaman yang sering digunakan dalam akuarium. Makanya di Indonesia harganya agak-agak menguras kantong ya, hahaha.
Jenis-jenis anubias variannya bermacam-macam, selain disebutkan diatas beberapa diantaranya yaitu :
  • Anubias barteri coffeefolia
anubias barteri coffeefolia
Tanaman anubias ini sangat indah, jenis cultivar rendah dari anubias barteri. Mempunyai tinggi antara 15-25 cm dan akar yang menjalar antara 10-15 cm lebih. Kombinasi warna dan bentuk daun membuatnya menarik baik ditempatkan dalam akuarium kecil ataupun besar. Sering tumbuh bunga di dalam air tetapi tidak menghasilkan benih/biji. Tanaman ini tumbuh sangat pelan sehingga tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya telah terendam air. Dan satu lagi tanaman ini tidak dimakan oleh jenis ikan herbivora.
  • Anubias barteri var. Angustifolia
Anubias barteri var. Angustifolia
Jenis anubias ini sangat mudah tumbuh di akuarium, mempunyai daun yang panjang, sempit dan runcing sehingga memberikan penampilan yang anggun. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai tinggi 30cm dan dapat berkembang di berbagai kondisi. Anubias barteri sangat kuat dan dapat hidup bertahun-tahun. Daun mereka akan sama/tetap dalam beberapa tahun makanya rentan terhadap alga. Penanaman anubias barteri di dalam area berbayang bisa mengurangipaparn ganggang. Di alam liar anubias barteri var. Angustifolia dapat ditemukan di Guinea, Liberia dan Kamerun.
  • Anubias barteri var. Barteri
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Tanaman ini dinamai berdasarkan nama collector Charles Barter, sebuah tanaman akuarium yang umum dan populer karena jarang mempunyai masalah. Species ini sedikit lebih besar dari Anubias barteri nana. Di alam liar tumbuhan ini dapat ditemukan di lokasi yang teduh dan semi teduh di sepanjang aliran sungai yang cepat dan ekstrim di tenggara Afrika Barat. Anubias barteri var, barteri ini sangat toleran bahkan terhadap lingkungan dengan kondisi pertumbuhan yang miskin.
  • Anubias barteri var. Caladiifolia
anubias barteri var caladiifoila
Anubias barteri var. Caladiifolia adalah salah satu jenis yang lebih besar dari keluarga anubias barteri. Dapat tumbuh sebesar 30cm, daunnya sepanjang 22,5cm dan lebarnya 12,5cm. Karena ukurannya yang besar, tanaman ini direkomendasikan ditanam di tangki yang besar pula. Seperti varietas lain anubias, anubias barteri var. caladiifolia ditemukan di bagian barat Afrika (Nigeria, Kamerun, Guinea). Anubias ini mempunyai bentuk daun yang sangat indah dengan daun yang berbentuk hati. Daunnya dapat hidup selama beberapa tahun sehingga alga dapat mudah terbentuk. Anubias Barteri var. caladiifolia juga sangat adaptif terhadap kondisi air, tanaman ini akan sesuai dengan kondisi akuarium mulai dari lembut sampai yang keras, atau basa ke air asam.
  • Anubias barteri var.nana
anubias barteri nana
Anubias barteri var. nana adalah tanaman kecil, tanaman menarik yang tumbuh subur di segala kondisi. Tanaman ini berasal dari Kamerun yang bisa mencapai panjang 5-10 cm. Rimpang/akarnya akan mencapai panjang 10-15 cm atau lebih. Tumbuh lambat, dan daunnya bertahan selama beberapa tahun, sehingga memberikan kesempatan pada alga dengan pertumbuhan lambat untuk menjadi mapan. Hasil terbaik dicapai dengan menanam di atas batu atau akar pohon. Senar pancing dapat digunakan untuk melekatkan tanaman sampai bisa menempel sendiri. Jika ditanam di bawah atau dasar akuarium, rimpang/akar janganlah ditutup karena cenderung membusuk. Tanaman ini juga sering berbunga di bawah air, dan anubias ini tidak dimakan oleh ikan herbivora.
  • Anubias gracilis
anubias gracilis

Afrika Barat adalah rumah bagi banyak varietas anubias, termasuk anubias gracilis. Daun segitiga yang besarnya 5-10 cm dengan batang daun yang panjang membuat anubias gracilis salah sayu yang paling elegant. Anubias ini kuat dan kokoh. Tanaman dapat tumbuh pada batu dan akar atau ditanam ke dalam substrate. Jika ditanam ke dalam substrate, pastikan untuk tidak menutupi rimpang dibagian daun dan akar tumbuh, atau tanaman akan membusuk dan mati.
Anubias gracilis dapat tumbuh di atas permukaan akuarium, tapi perlu diketahui bahwa tanaman tumbuh lebih besar secara signifikan di atas air.
  • Anubias petite
anubias petite
Dijuluki oleh penghobi akuarium sebagai “nana petite”, Anubias barteri var. nana ‘Petite’ adalah tanaman kecil yang rapi yang telah menjadi favorit untuk jenis tanaman mid – ground yang rendah perawatan. Awalnya dibudidayakan dari Anubias barteri var. nana, versi mungil yang mempunyai pertumbuhan daun yang kompak.
Anubias nana ‘Petite’ tidak menuntut banyak perawatan, nutrisi dan lain sebagainya. Mereka mengisi ruang-ruang kosong kecil di antara sudut dan celah. Tanaman kecil ini bisa dipindah-pindahkan karena itu baiknya diikat ke batu-batu kecil atau potongan-potongan kecil driftwood.
Anubias nana ‘Petite’ memiliki potensi aquascaping yang besar untuk hampir semua akuarium, tetapi dapat sangat berguna dalam nano aquascape.
Oke itulah tadi beberapa jenis anubias yang sering digunakan dalam aquascaping, masih ada beberapa jenis lain tapi mungkin kurang familiar. Terakhir, teman-teman sudah dapat gambaran mau menggunakan anubias yang mana untuk mengisi tangkinya? Selamat memilih ya. Salam ngobok.

1 Response to " Mengenal Tanaman Air Anubias"


  1. blogger

    AC, CCTV, PABX TELEPON, ALARM 082231562589 DATA JARINGAN KOMPUTER

    http://jasaturen.blogspot.co.id/2013/01/servis.html



    HUB 0822 315 625 89
    Kami melayani jasa pemasangan dan perbaikan:

    CCTV yg bs dipantau dg HP,
    AC pendingin ruangan,
    PABX interkom telepon,
    Sound System (tata suara gedung, kantor),
    Nurse call (alat pemanggil suster, pelayan resto),
    Alarm maling,
    Alarm kebakaran,
    Instalasi Listrik dan panel Listrik,
    Jaringan komputer,
    Peralatan elektronik.
    Desain alat elektronik (sesuai kebutuhan anda),
    tags:,pabx di nganjuk, pabx di kediri, service panggilan
    monggo yg berminat.....

    klik disini

    ReplyDelete